Pemda Terbantu Program P4IP

 

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara sangat terbantu dengan adanya program percepatan pembangunan infrastuktur dari pemerintah pusat karena hampir 90 persen wilayahnya diselimuti hamparan rawa yang menyebabkan kurangnya sarana perhubungan darat seperti jalan, jalan usaha tani dan lainnya. “Akibat minimnya infrastruktur jalan menyebabkan beberapa desa terisolir” Ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara Eddyan Noor Idur di Amuntai, Kamis.

Adanya Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastuktur Pemukiman (P4IP) sangat membantu sejumlah desa yang mendapat bantuan ini. Melalui P4IP ini, kata Eddy, sebanyak 29 desa mendapat bantuan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) dan sebanyak 2 desa lainnya di Kecamatan Amuntai Tengah, yakni Desa Pinangkara dan Danau Cermin mendapat bantuan Program Pengentasan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP). Saat membuka Sosialisasi program ini di tingkat kabupaten, Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) sebagaimana disampaikan Eddy mengarahkan para kepala desa penerima bantuan PPIP agar memanfaatkan dana bantuan untuk pembangunan infrastuktur dasar pemukiman yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat di desa masing-masing.

“Supaya pembangunan infrastrukur dapat meningkatkan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar di desa” katanya. Melalui bantuan ini, lanjut Wahid masyarakat desa juga bisa membangun infrastruktur air bersih, drainase, jembatan dan fasilitas Mandi, Cuci Kakus (MCK) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Wahid menambahkan agar setiap perencanaan program ini benar-benar melibatkan partisipasi setiap warga melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat dan dilaksanakan secara terbuka, sederhana, dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu bupati meminta kepada para kepala desa agar melaksanakan program bantuan ini sesuai petunjuk teknis pelaksanaannya dan bagi para camat diinstruksikan mengawasi dan mengevaluasi program ini agar terlaksana dengan baik. “Semoga melalui program ini juga mampu mewujudkan kemandirian masyarakat sebagai bentuk partisipasi untuk turut bersama mengentaskan kemiskinan”tandasnya. (edy)

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>