HSU Ikut Pameran Dagang Nasional

Selama tiga hari yang dimulai Selasa (28/5) Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan Tim Tidak ketinggalan pedagang-pedagang kaki lima turut serta menggelar dagangannya di luar bangunan stand yang ada sehingga menambah ramai suasana pameran di samping menambah alternatif berbelanja bagi pengunjung. Pembukaan pameran dihadiri Ketua TP PKK Pusat yang juga Wakil Ketua Pelaksana Harian Dekranas Ny Vita Gamawan Fauzi, Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin, Ketua TP PKK Propinsi Kalsel Hj Hayatun Fardah dan pejabat dari Kementerian Dalam Negeri serta sejumlah pejabat, Ketua Dekranasda, PKK Kabupaten/kota dan undangan lainnya. Acara pembukaan di awali menyanyikan mars PKK dan sunguhan tarian baksa kembang yang dilanjutkan sambutan ketua panitia pelaksana dari pusat.Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara turut ambil bagian dalam Pameran dan Gelar Dagang Nasional yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Gotong Royong Masyarakat (HBGRM) X dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke 41 Tingkat Nasional di Lapangan Murjani Banjarbaru. Pameran yang diikuti sebanyaj 133 stand ini, selain diisi peserta dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) atau Tim Penggerak PKK Propinsi dan Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia juga dimeriahkan peserta dari dinas dan isntansi Pemda lainnya dan kalangan swasta.

Ketua PKK Kotamadya Banjarbaru Hj Hartati Huzaidinoor menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta PKK maupun para pendamping yang datang dari berbagai propinsi dan kabupaten kota di tanah air yang pada hari itu berkumpul di Kota Banjarbaru untuk memperingati HBGRM X dan HKG PKK ke 41 tingkat nasional. Rencananya Wakil Presiden Boediono beserta isteri turut hadir pada puncak peringatan yang digelar 30 Mei dan meresmikan sejumlah proyek pembangunan di Propinsi Kalimantan Selatan. Sementara itu Ketua PKK Pusat Ny Vita Gamawan Fauzi dalam amanatnya mengatakan pameran dagang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai aneka produk industri kecil dan menengah serta produk unggulan masing-masing daerah guna meningkatkan volume dan kualitas produk yang dihasilkan yang pada glirannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui pameran ini masing-masing daerah diharapkan bisa saling tukar pengalaman dan informasi dalam upaya meningkatkan produk kerajinan daerah, sehingga produk yang masih lemah dari segi pengemasan dan pemasaran misalnya bisa belajar dari daerah lain yang lebih dulu maju” Ujar Vita. Selain itu, katanya ajang pameran nasional ini juga memberi kesempatan kepada masing-masing daerah untuk memperluas jaringan usaha dan pemasaran didaerah lain serta berupaya mengetahui jenis dan motif produk kerajinan yang sedang berkembang dan dibutuhkan pasar. Pada kesempatan itu, Ketua PKK pusat ini memuji perkembangan berbagai produk unggulan daerah, seperti produk tekstil atau kain khas daerah yang semakin mencirikan kedaerahan, seperti halnya kain sasirangan yang semakin berkembang di Kalimantan Selatan.

Isteri dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi ini berharap berbagai jenis produk daerah lainnya juga bisa turut dikembangkan yang sebagian motif dan bentuknya bisa disesuaikan dengan selera masyarakat dan pasar, baik dalam negeri maupun tujuan ekspor. Untuk ini, Ia berharap peran PKK dan Dekranasda sebagai salah satu pendorong berkembangnya berbagai kerajinan masyarakat untuk bisa semakin meningkatkan perannya dalam mendorong berkembangnya produk unggulan daerah. Pada peringatan HBGRM dan HKG PKK tingkat nasional tersebut diserahkan berbagai hadiah lomba 10 program PKK dari seluruh PKK kabupaten/kota se-Indonesia dan penghargaan lainnya yang diserahkan langsung oleh Ketua PKK Pusat Ny Vita Gamawan kepada para pemenang.

Penghargaan tersebut diantaranya, penghargaan Adhi Bhakti Utama dan Adhi Bhakti Madya, pelaksana terbaik gotong royong, administrasi PKK, pencegahan KDRT, UP2K, HATI nya PKK, pelaksana pemanfaatan TOGA dan PMT AS terbaik. Seusai acara dilanjutkan dengan pembukaan pameran dan gelar dagang Dekranasda dan TP PKK dengan di kawasan Lapangan Murjani Banjarbaru yang digelar 28 – 30 Mei. Peresmian yang ditandai dengan pelepasan pita ini dilanjutkan dengan meninjau stand pameran satu persatu. Stand milik TP PKK HSU yang menggelar sejumlah produk makanan olahan lokal juga mendapat kunjungan Ny Vita Gamawan yang didampingi Ketua PKK Kalsel Hj Hayatun Fardah Rudi Arifin.

Berbagai produk makanan dan cemilan khas Kabupaten HSU seperti dendeng itik dan kerupuk belibis serta ikan sepat kering cukup menarik minat Ketua PKK Pusat ini dan membelinya. Seraya memuji TP PKK HSU melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) telah mampu mengangkat potensi makanan lokal menjadi produk yang bisa ditawarkan di ajang pameran dan gelar dagang tingkat nasional ini. Tiba di stand milik Pemkab Sumatera Barat (Sumbar) Ny Vita yang kelahiran Sumbar sejenak melepaskan kerinduannya dengan kampung halamannya, seraya mencicipi aneka makanan khas asal daerahnya dan berdialog dengan petugas stand. Ada pun peringatan HBBGRM X dan HKG PKK ke 41 tingkat nasional kali ini mengusung tema melalui peringatan HBBGRM dan HKG PKK kita bangkitkan semangat gotong royong melalui gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera. (Edy)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>